It's my life, right?

Tuesday, September 18, 2007

Saya sebenernya ga pernah punya cita-cita jadi anak teknik, apalagi masuk ITB. Saya ngerasa ga pernah sepinter itu. Tapi Tuhan memang punya jalanNYA sendiri untuk saya. Dan akhirnya terdamparlah saya di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan tepatnya di Jurusan Teknik Lingkungan. Ketika pertama kali masuk dan kuliah sebagai anak TPB, rasanya mau nangis kalo udah belajar mati2an buat ujian kalkulus dan ternyata hasilnya cuma C doang. Untungnya, disana saya dapat teman-teman yang bikin betah. Dan alhamdulillah, dengan peluh bercucuran, air mata dan darah , akhirnya saya bisa lulus juga.


Nah, setelah saya lulus, dilema pun bermunculan. Saya itu dari kecil memang sudah sadar kalo saya punya insting bisnis yang lumayan. Makanya saya pengen masuk jurusan bisnis manajemen. Mungkin hal ini memang warisan dari alm.kakek saya yang seorang penjual sepatu. Beberapa pengalaman saya tampaknya cukup membuktikan kalau saya punya jiwa wirausaha yang lumayan. Seperti waktu SD, saya pernah bikin hiasan rambut sederhana yang terbuat dari kain perca dan laku dibeli sama teman-teman saya. Terus saya juga pernah punya perpustakaan kecil-kecilan yang kemudian saya jadikan bisnis peminjaman buku, masih ketika SD juga. Waktu SMA, saya pernah jualan brownies bikinan mama saya yang alhamdulillah hasilnya bisa dipake beli sepatu! Selain itu saya juga sempat mengelola Toko OSIS yang kalau waktu istirahat tiba bisa diantriin ampe panjaaaaaaaaaaaaaang bgt karena saya jual kue yang enak-enak disitu! Hehehe.. Jadi seneng kalo inget masa-masa itu... Waktu kuliah, saya juga sempat jualan kosmetik yang didagangkan dengan sistem MLM (tapi saya males ikut MLMnya...) dan jualan kalung bikinan sendiri yang lumayan disenengin sama teman-teman saya.


Saat ini, saya kerja di sebuah LSM dan masuk ke dalam Clean Air Project disitu. Otomatis kerjaan saya masih berhubungan dengan lingkungan, jadi masih nyambunglah sama kuliah saya. Dan fenomena ini (ssshhaaaaaah...fenomena...haha..) sangat menyenangkan hati ayah saya yang juga alumnus Teknik Lingkungan. Tapiiiiii.... naluri bisnis yang sangat menggebu-gebu ini kayanya udah ga bisa dibendung lagi deh! Saya pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen banget mulai usaha saya dan ga kerja kantoran kaya gini lagi. Tapi resikonya, ayah saya mungkin akan kecewa dan penghasilan saya juga pastinya akan menjadi tidak tetap. Tapi (lagi) rasanya jiwa saya memang bukan disini deh...... Walaupun beberapa waktu yang lalu sempat juga muncul pertanda-pertanda yang menuntun saya untuk menjadi seorang ahli udara, tapiiiiiiiii... hati saya ga disitu... Gimana doooong...?


It's my life
It's now or never
I aint gonna live forever
I just want to live while I'm alive
It's my life
My heart is like an open highway
Like Frankie said I did it my way
I just wanna live while I'm alive
It's my life
[Bon Jovi - It's My Life]