Kalo kamu mulai kerja di kantor baru

Monday, February 04, 2008

Cerita ini sebenarnya sudah lama berlalu. Tapi whatevah... Saya keukeuh mo cerita! *Yeeeyyy.. sapa juga yang larang??!! Hahahaha...*


Jadi begini, kejadian ini terjadi waktu saya baru sekitar 2 minggu kerja di kantor baru. Waktu itu, adegannya nih ya, saya abis meeting pagi2 ama CEO dari Hongkong. Katanya sih, bule kelahiran Bangkok itu mau kenalan ama orang2 baru di sini. Mumpung dia lagi mampir kali yeee ke Jakarta. Nah, abis kenalan ama CEO-single-tajir-aga-ganteng itu *Heh! Inget pacar!!*, saya kembali ke habitat saya alias ke cubicle saya. Baru juga saya mulai menyalakan kembali komputer saya, tiba2 ada suara jutek di samping saya.

"Eh, itu gelas gw" terdengar suara seorang wanita yang kental benget unsur juteknya.

Otomatis saya nengok dong. Dan ga terima diperlakukan sewot seperti itu, saya bales aja:

"Ohhh.. gelas lo.. Tapi ga ada namanya tuh..." balas saya dengan lagak sok polos yang ga kalah nyebelin sambil muter2in gelas itu di depan idung saya.

Saya tau nih.. Cewe ini sekretaris kantor yang tepat banget bekerja di bagian saya, divisi quantitative research. Dan saya juga tau banget, nih cewe masuk kantor ini cuma duluan 2 minggu dari saya! Tapi belagunyaaaaa.. 'Aujubilaaaah *pake 'ain*.. klo kata anak kampung sebelah mah! Dia kayanya bete saya bales omong begitu. Ya abissss.... sapa suruh nyolot! Terus doi bales lagi,

"Eh.. disini semua orang pada bawa gelasnya sendiri2!"

Oh.. gitu.. Ya namanya juga anak baru! Saya kan ga tau.. Ga bisa apa kasih tau baek2??! batin saya. Tapi dengan cool saya cuma menjawab,

"Ohhh.. sori deh kalo gitu. Gw ga tau..." jawab saya dengan tampang ga peduli.

"Ya udah, lo cuciin aja dulu." bales si sekretaris jutek itu.

JEDENGGGG!!!! Kurang ajar banget nih cewe!!!! Tenang tie.. Inhale.... Exhale..... Jawab dengan cool....

"Ohh.. cuci?"

"Ya iyalah.. kan abis lo pake!" jawabnya sambil memutar badan dengan dramatisnya lalu memasuki pantry yg emang deket dengan cubicle saya.

Dengan sedikit berapi-api, saya lagsung berdiri dan ngikutin dia ke pantry. Begitu di depan baskom tempat piring dan gelas kotor berada, langsung deh saya hempaskan tu gelas disitu, tanpa saya cuci! Ya biarin aja ntar OB yg nyuciin... Peduli tuyul deh!!!!



Jujur aja, kejadian itu sempet bikin saya shock juga. Dan ternyata temen sebelah cubicle saya pun ikut shock karena mendengar langsung percekcokan ga penting itu. Dia kayanya JADI IKUTAN NGERASA ga enak, mungkin karena dia ga ngasih tahu saya sebelumnya tentang 'tradisi' itu di sini. Dan saya juga emang sebel sih, KOK GA ADA YANG NGASIH TAU SAYA YA? Padahal, saya punya temen lama di kantor ini alias temen yg udah saya kenal dari sebelum saya masuk kantor ini. Tapi dia pun ga ngasih tau saya tentang hal itu.


Well, dari kejadian ini saya belajar: CARI TAULAH SEBANYAKBANYAKNYA TRADISI DI KANTOR BARU LO! Buat kamu-kamu yang belum pernah bekerja dan akan bekerja suatu saat nanti, ada beberapa tips nih untuk menghindari kejadian2 kaya saya tadi:

1. Mulailah mengenali sudut2 kantor dengan benar2 mengamati sekitar saat lo lagi diperkenalkan sama orang2 kantor. Jangan sampe lo mo masuk WC, malah nyasar ke ruang bos lo!

2. Cek kamar mandi dan perhatiin tradisi2 apa aja yang terjadi disitu. Misal nih ya, di kantor saya, dari 4 bilik WC, ternyata cuma ada 1 bilik yg punya jet-flush *bener ga sih namanya? Klo bahasa saya mah semprotan pantat*. Nah! Penting banget kan tuh untuk diketahui sebagai orang Indonesia yang ga betah klo cuma cebok pake tisu!

3. Dekatilah teman yang berada paling deket ama lo. Misalnya temen sebelah meja. Atau seberang cubicle. Ini berguna banget buat nanya2 tentang 'tradisi2' di kantor baru lo. Hal2 penting yg bisa ditanya seperti : "Disini biasanya orang2 pada dateng jam berapa?" --> Ini untuk menghindari lo datang terlalu cepat atau terlalu lambat. "Absen ngaruh ga ke appraisal?" --> Ini untuk mengetahui apakah absen finger print yg lo lakukan akan mempengaruhi kenaikan gaji lo. Heheh... "Klo yg itu namanya siapa?" --> Nah! Ini penting banget, mengenal semua orang kantor. Jangan sampe salah nyebut nama! Udah malu, tar ga ditemenin lagi... Hehehe... Emang sih waktu pertama kali masuk pasti kita akan dikenalin ama semua orang, but what do u expect??! Akankah lo langsung hapal nama orang2 itu? Tentu tidak saya rasa... Pertanyaan2 lain seperti : "Gw belum dapet laci nih.. mintanya ama siapa ya?" atau "Eh, biasanya makan siang dimana?" bisa juga ditanyain untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan.

4. Jadi anak baru jangan belagu. Tapi kalo dinyolotin kaya saya tadi, apalagi ama sesama anak baru, baleslah dengan cool! Pokoknya tebarlah senyum kemana2. Kalo jalan terus papasan ama orang jangan malah nunduk! Tar ketabrak! Hehehe...

5. Makan siang bareng untuk pertama kali akan menjadi saat2 yang ackward. Gapapa.. Ga usah kecil hati. Pokoknya kalo ditanya, ya jawab. Klo mereka ketawa, ikut ketawa juga! Hahaha...


Hmmmmm... apalagi ya? Sekiranya baru itu aja yang kepikir... Tar kalo ada lagi bakal saya tambahin atau mungkin teman2 yang lebih berpengalaman dari saya punya tips2 laen?


Well, cheers!!!!

traffk